Bagaimana Mengajar Al Qur’an Untuk Anak-Anak

Lap ibu adalah sekolah pertama anak. Menjadi orang tua Muslim, karena anak-anak kami tumbuh besar, kami merasa sangat khawatir tentang bagaimana mengajarkan Quran kepada anak-anak. Sama seperti kita khawatir tentang pendidikan praktis mereka, kita mengirim mereka ke sekolah, mengatur uang sekolah untuk mereka, dengan cara yang sama, kita harus sangat peduli tentang mengajarkan Quran kepada anak-anak. Jelas, orang tua terutama ibu bertanggung jawab atas perawatan pribadi dan ajaran seorang anak, jadi tanggapan ini terutama tugas Anda.

Merasa beban tanggung jawab di pundak kami, kami menemukan banyak pertanyaan tentang mengajarkan Quran kepada anak-anak. Misalnya, bagaimana cara mulai mengajarkan Al-Qur’an kepada anak Anda, berapa usia yang tepat untuk mulai mengajarkan Alquran, bagaimana startup itu akan diambil, metode mana yang sedang belajar untuk dipilih. Di mana anak Anda akan pergi ke masjid, seorang tutor akan pulang untuk mengajar Al-Quran, dan Anda akan belajar Alquran atau pembelajaran Al-Qur’an secara online?

belajar mengaji

Hak Umur untuk memulai Pengajaran:
Mari kita mulai dari titik awal, dan pertanyaan pertama muncul “kapan harus mulai atau berapa usia yang tepat untuk mengajari anak Anda Al-Quran dan dengan usia berapa yang telah mereka selesaikan.” Jawaban yang pasti untuk pertanyaan itu adalah, tidak ada yang jelas. -Menghitung batas usia untuk memulai dengan dan mengakhiri. Diperkirakan bahwa usia 4-5 tahun sangat ideal untuk memulai pembelajaran Al-Quran, tetapi beberapa ibu terus membaca sambil hamil dan menyusui dengan harapan ini akan berdampak pada anak-anak mereka. Anda dapat mulai pada usia yang bahkan kurang dari empat tahun, tergantung pada kemampuan dan minat anak Anda.

Adik laki-laki saya memiliki surah Fatiha yang dihafal pada usia kurang dari tiga tahun meskipun dia bahkan tidak dapat mengenali huruf. Perlu diingat; setiap anak memiliki kecepatan belajarnya, jangan membandingkannya dengan yang lain (sepupu Anda, tetangga telah menyelesaikan Quran pada usia 7 tahun, dan Anda masih belum berusia sembilan tahun). Ini tidak berarti bahwa Anda memberi mereka kebebasan untuk terus menunda sesi harian mereka, tetapi intinya adalah, sikap seperti itu dapat menurunkan motivasi anak Anda.

Kiat untuk mengajar Anak-anak:
Dalam teks berikut, kami akan memberi Anda beberapa tips rubaiyat untuk Quran kepada anak-anak. Poin-poin kecil ini akan banyak membantu Anda dalam cara mengajarkan Al-Quran kepada anak-anak.

Jadikan diri Anda sebagai teladan atau contoh, di depan anak, untuk mengikuti Anda. Bacalah Quran setiap hari, dan pastikan anak-anak Anda ada di sekitar Anda ketika Anda mengutip kitab suci.
Bacalah Quran dengan nada keras dan menangkap; ini akan membuat mereka tertarik pada apa yang Anda baca.
Cobalah untuk memulai hari anak Anda “membaca belajar mengaji alquran.” Kembangkan kebiasaan membaca Quran setelah Fajr.Jadi ketika anak Anda membuka matanya di pagi hari, suara pertama yang masuk ke telinganya adalah Al-Quran. .
Beri tahu mereka kisah Al-Quran. Cerita pengantar tidur Anda bisa menjadi salah satu yang dijelaskan dalam Al-Quran. Dan berikan mereka referensi dari cerita sebagai Quran. Mendesak mereka untuk mencari Al-Quran sendiri. Teruslah memberi tahu mereka tentang pahala pembacaan Al-Quran.
Terus katakan kepada mereka tentang pahala pembacaan Al-Quran, misalnya, itu membuat Allah bahagia, Nabi (s.a.w) mengatakan bahwa yang terbaik dari belajar, dll.
Rasulullah (Sallallahu Alayhi Wa Sallam) berkata:

“Yang terbaik dari Anda adalah mereka yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya. ~ Bukhari Vol 6 – 61: 545

Kiat-kiat untuk Meningkatkan Anak setelah Mulai:
Ini adalah tips untuk mendongkrak anak Anda untuk mulai belajar Quran. Sekarang jika anak Anda mulai belajar Quran, tips berikut akan banyak membantu Anda.

belajar mengaji

1) Tetap sederhana di awal. Jangan paksa anak Anda menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari Alquran. Biarkan dia melakukannya pada tingkat kenyamanannya. Misalnya, 10 menit belajar yang berdedikasi dan bahagia akan jauh lebih baik daripada satu jam belajar dengan kekerasan, bertentangan dengan kehendak anak Anda.

2) Biarkan mereka tahu bahwa sesuatu yang luar biasa akan mengikuti waktu Alquran, seperti cerita yang bagus atau waktu bermain bersama ibu.

3) Tentukan gol, dan imbalan untuk mencapai tujuan. Misalnya. Anda akan membeli mobil remote control anak Anda jika ia menyelesaikan satu bab Alquran dalam waktu yang ditentukan.

4) Mainkan Quran dengan lembut di rumah selama waktu bermain, rutinitas pagi, rutinitas akhir malam. Matikan tvnya

5) Bacalah surah Al Quran pendek di mobil dalam perjalanan ke sekolah, atau belanja, dll.

6) Jaga suasana hati yang penuh kasih selama proses pembelajaran. Berilah anak Anda banyak pelukan dan pelukan.

7) Jangan menghukum mereka dengan keras, atau tidak bosan dengan kesalahan berulang-ulang dari bayi Anda saat belajar mengaji al quran dewasa online. Sabar. Setiap anak memiliki kecepatan kerjanya sendiri.

8) Anda dapat mendorong persaingan yang sehat antara anak-anak Anda, misalnya, “yang menyelesaikan pelajarannya terlebih dahulu, akan diberikan hadiah kejutan.”

9) Bertujuan untuk melakukan dua sesi pendek Al Qur’an sehari. Seperti satu sesi setelah Fajar dan satu sebelum sholat Asar. Dengan cara ini jika Anda melewatkan satu, Anda tidak akan merasa buruk.

10) Tetaplah berinteraksi dengan tutor (jika Anda memilih untuk memiliki pengajar ke rumah atau tutor online untuk pembelajaran Al-Quran). Diskusikan perkembangan anak Anda dengan guru secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *